Kamis, 28 Mei 2009

Fenomena alam & Fibonacci

Sekedar comot kajian ayat Qurani…. bahwa alam ini dibikin bukan main-main. Sedemikian rumit struktur alam terbangun oleh sang maha Kreator. Penuh perhitungan mengandung unsur harmoni. Keselarasan dan seimbang. Sebagaimana filosofi Taologism…,

Jujur saja, saya tergelitik buru info terkait, sebab kemarin gauli rekan mailist komunitas arloji antik. Rencana bikin ajang kumpul. GTG…yang aneh-nya saya gak ngeh hingga kini. Ini singkatan apa…hehehe….,

Ada penawaran tiap anggota sumbang karya logo. Untuk atribut merchandise gelaran acara-nya. Seperti biasa saya-pun tergerak olah Font…copywriting…upaya peras ide LOGO-istik.

Beralih curiousita, teringat saya pada sosok Robert Langdon. Tokoh sentral dalam buku Da-Vinci Code, karangan penulis Amerika fenomenal, Dan Brown. Si tokoh digambarkan sebagai ahli bedah symbol kuno, sang symbologist. Penuh intrik kupas teka-teki angka dan anagrams (permainan kata). Termasuk beberapa naratif yang mengantar pada sebuah alur teori konspirasi. Bikin saya terusik.. berkutat minat baca.


Tiba pada pemahaman deret angka Fibonacci : 1,1,2,3,5,8,13,21,….dst. Kajian mendalam ilmuwan pendahulu ternyata berhasil menemukan “gambaran” langsung terkait teori fundamental, deret angka tersebut. Secara tidak langsung terkuaklah pola formula spiral. Seperti kembali pada paragraph awal tadi. ALAM dan seisi-nya ini diciptakan dengan penuh perhitungan-matematis dan jibun pola sistimatika sempurna. Disebut juluk lain sebagai Fibonacci spiralspiral kurva… bahkan GOLDEN SPIRAL.

Tabiat dasar fotografi. Penempatan obyek utama pada jendela bidik di 4 titik utama. Ternyata juga di-ilhami oleh teori dasar kurva Fibonacci. Dikenal dengan istilah Rule of Third.


Sebagai gambaran mudah, berikut saya sertakan beberapa gambar yang saya ambil dari narasumber kamus virtual, WIKIPEDIA.











Catatan kecil :

Tampak dari sekian banyak contoh. Rumus Fibonacci merupakan berkah bagi alam. Sebagaimana tampak pada gejala temperature ekstim rendah di dataran Iceland. Belah tengah cangkang moluska, Nautilus. Yang memiliki formula struktur bangun serupa. Terakhir, fenomena tebaran gugus bintang- Galaksi… ataupun milky way (pinwheel-Galaxy). At least, saya akhirnya menemukan kandungan terselubung dari inisial resmi yang saya sandang. Sebagaimana tabiat kisaran angin puyuhtyphooncycloneTornado... Twister ataupun hurricane. Sisi indahnya memang terletak pada mahligai amarah-NYA. Sujud semesta pelampiasan hembus….


Bercermin geliat alam,

konon menurut literature para ilmuwan. Perubahan suhu ekstrim antara lapis udara adalah peluang tiba-nya angin besar. Menghimbun gumpal bak tajuk cendawan…. Bertiang tirai putaran hembus. Hingga menyentuh paras tanah… tegar dalam sensasi gerak, bergemuruh. Dahsyat meradang…. Membelai permukaan bumi. Dan pada alur jejak yang dilalui, jauh dibawah permukaan tanah, terdapat lorong lintasan air tanah. Teringat lagi bait pitutur tanah jawa “bayu paraning Banyu…”

Akhiru kalam, semoga nanti bila saya marah… adalah fenomena terlampir dari setetes gambaran dari tabiat murka-MU. Amin ya Rabbal-alamin….,


Tidak ada komentar: