Kamis, 29 Juni 2017

Sejarah & inisial Islami


Coba simak, terkait penyerangan jendral Thariq Bin Ziyad ke Andalusia. Gundukan bukit sampek di kenal sbg monumen "Jabal Tarik". lalu orang barat-pun meski agak keseleo lidah susah eja jadi Gibraltar. Para nakhoda negeri manapun.., dan sektor navigasi kemaritiman sampek hari ini friendly dengan nama itu. 



Di bidang kedokteran, ada Avicenna. alias Ibnu Shina tokoh kedokteran islam. Karya-nya yg terkenal "Al Qonun fi at-thibb"...lagi" karena faktor beda eja..orang barat-pun menyebutnya "The Canon of Medicine". Trus, soal viral belakangan Gaj-Ahmada. benarkah dia patih muslim? Bagaimana upaya-nya dalam penaklukan kerajaan Bali? baru mampu menundukkan setelah bermuslihat menggiring Kebo Iwa ke jawa. Disebutkan akhirnya Majapahit sukses memperdaya dan  membunuh kebo Iwa. Sekiranya pengalihan kekuasaan koloni baru di Bali mulai dijalankan. Apakah nama besar Gajah Mada gak ikutan terdongkrak di Belantika Bahari? Mengingat sebagian kanal masuk pelabuhan adalah simpul pertemuan pelaku bisnis antar negara. Pelabuhan adalah pintu-pintu interaksi antar bangsa manapun di bumi ini.


Apa gak jangan-jangan patih Gajah Mada mendapat modifikasi inisial terbaharukan? Menyesuaikan nuansa adat lokasi setempat. Gajah mada ..menjadi Gaj Bli Made. Lumrah..jika mengaitkan asal klaim demi kepentingan tertentu kaum populis.

Jangan anggap serius teori super ngehek diatas. Bagaimanapun ini cuma sekadar kelakar. Menumpuk berbagai versi dan anggapan terkait sosok stok lokal yang di viralkan (lagi) akhir-akhir ini.
Ini belum lagi jika merunut dari kucuran informasi asal keran Tirto.id seputar polemik tokoh dengan multi penafsiran. Silahkan...ikut puyeng.... manut-manut wae juga gakpapa. Atau membebaskan diri dari ruang polemik berbasis kepentingan politik. Setidaknya, sisakan sedikit ruang kritis di bilik otak. Biar bisa berpikir logis...dan mencerna pola pikir rangkaian logika. Gaj Ahmad...cuma soal inovasi penggalan. Toh bisa juga tersusun Gajah Mad...., that means, there are many Crazy elephant that can ride by anyone who have political-will's distorsion . baik oleh kalangan manapun. Bahkan kaum muslim sendiri. Ngenes toh....,  

Tidak ada komentar: